Memahami Bacaan Shalat (1): Kata Pengantar

إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا.مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Segala puji hanya bagi Allah ﷻ, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah ﷻ dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah ﷻ beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menye-satkannya, dan barangsiapa yang Allah ﷻ sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah ﷻ saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad ﷺ adalah hamba dan Rasul-Nya.

Banyak dari kita yang telah belajar bacaan shalat sedari kecil dan terus mempraktekannya hingga dewasa. Kita membaca doa-doa tersebut secara berulang-ulang belasan kali per hari, ratusan kali per bulan dan ribuan kali per tahun. Sebagian dari kita telah shalat puluhan ribu raka’at dan sebagiannya lagi mungkin sudah ratusan ribu raka’at. Namun sayangnya, tidak sedikit di antara kita yang bila ditanya apa makna bacaan doa iftitah, rukuk, sujud, dan tahiyyah, kita tidak mengetahui jawabannya. Seakan shalat hanyalah ritual rutinitas yang kering akan pemahaman apa yang dibaca.

Sudah selayaknya bagi setiap muslim untuk memahami apa yang dibaca dalam shalatnya karena kebanyakan do’a dan bacaan dalam shalat kita memiliki makna yang sangat indah dan mendalam yang apabila kita renungkan akan memberikan pengaruh baik kepada jiwa.  Buku ini berisi variasi bacaan shalat lengkap dengan makna dan tinjauannya dari sisi Bahasa.

Kami berusaha mengumpulkan beberapa doa yang shahih untuk bacaan shalat dari takbir hingga salam. Setelah itu kami jelaskan makna atau tafsir dari doa tersebut agar bisa diambil faidah dari doa tersebut. Kami juga melengkapi setiap doa dengan i’rab agar orang yang sudah memiliki dasar Bahasa Arab bisa mengambil faidah dari sisi ilmu Bahasa Arab.

Semoga dengan membaca, menghafal, dan memahami apa yang kita baca dalam shalat kita bisa meningkatkan kualitas shalat kita.

Penulis: Abu Razin Al Batawiy

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *